Jendela Tegal

Ketika Dalban Menceritakan Sejarah VW

Saya tertarik dengan kaos anda, kok bunyinya bukan Volkswagen ya tapi Vokoke warteg??? Coba Kita sedikit belajar sejarah Volkswagen sebelum kita mau memplesetkannya. Mbok ya jangan mempleset plesetkan gitu, itu kan merek terkenal. Malu kalo kita nggak tau sejarahnya, kita nggak tau maknanya kemudian mempleset plesetkannya. Maaf mas kenalan dulu, saya Dalban PhD, lulusan sejarah indonesia dari Utrech, Belanda” Kata Dalban membuka pembicaraan
“Oh kaya kuwe mas? Lha mase Tegal dudu?” Kata Udin, sang penjaga Warteg sambil menyiapkan makanan untuk Dalban.
“Bukan mas, saya orang indonesia. Saya pengamat sejarah dan peradaban. Saya orang pintar karena kuliah di luar Negeri. Saya Intelektual. Saya belajar sejarah di Eropa, banyak yang bisa saya jelaskan pada anda termasuk sejarah VW. VW ini konstruksinya luar biasa, saya hapal mas. hapal di luar kepala konstruksi konstruksi VW itu jadi kalo saya pake kaos VW pun saya nggak malu”
Dalban PhD terus nerocos: Nih mas saya ceritakan ada yang unik dengan konstruksinya. Paralel dengan pembuatan Kodok/Tipe 14 saudara sepupu Karmann Ghia, VW meminta Carrozeria Ghia untuk merancang desain sebuah Tipe-III model sport. Sebuah versi konvertibel dari T34 diluncurkan di Frankfurt Auto Show pada tahun 1961, tetapi tidak sampai tahap produksi. Salah satu kejadian yang penting untuk sejarah produksi Tipe-III adalah perubahan besar untuk model 1970 dan opsi transmisi otomatik penuh mulai model tahun 1968. Mungkin salah satu sumbangan Tipe-III untuk komunitas otomotif adalah dengan memperkenalkan Electronic Fuel Injection (EFI) pada tahun 1968an. Walau EFI telah ada sebelumnya, tetapi sampai saat itu belum pernah dipakai untuk produksi masal. VW mengakhiri produksi Tipe-III dengan model tahun 1973. Jumlah keseluruhan Tipe-III yang diproduksi adalah sekitar 2 juta unit, tetapi sangatlah sulit untuk mendapatkan angka pastinya”
“Kowen ngomong apa sih? mangan gari mangan oh. enyong ora ngerti. enyong ora kuliah dadine aku ora ngerti metodologi time series. enyong wartegan, enyong ora sekolah tapi melek sejarah. enyong olih dianggep nt ora sarjana tapi enyong peka sosial. enyong ngertine Hittler kuwe sosialis trus ya radan bisa ngerteni wong cilik. VW nang digawe nggo wong cilik. Porsche kae sih sing nang Cilandak Showroome tah pantese nggo pengusaha kamen pejabat atawa pengacara” Si Udin mulai tidak suka kesotoyan Dalban yang mengintervensi kaosnya
“Dang nang Jerman kudu nggawe semacam Porrshe, atawa VW, atawa audi nggo menyatukan kekeluargaan, nggo gawe keluarga besar. dang nang kene, cukup aku mbuka warteg. nang kene aku membuka persaudaraan dengan siapa saja. Enyong membuka persaudaraan dengan siapapun yang makan atau nggak makan di warung ini. Enyong nggak peduli ente buruh bangunan, tukang becak, sopir taksi, pejabat, lulusan sorbonne, lulusan utrech, lulusan UI, ITB”  Si Udin menambahkan
“Ya VW kuwe tak gawe kepanjangane Vokoke Warteg!!! Murah Meriah Mluntrahhh. Nang Utrech laka o ya? kwehh. Kota tertua nang Landa be laka warteg. Tertua apane umure nembe 2000 taun. Digemuyuni tok oh karo Ki Gede Sebayu sing awit mbiyen wis mbangun Kali Gung dadi peradaban luar biasa. Dari batu kali sampai batu mulia bisa digarap. Peribasane Debog e gedang dirog ganing wong Tegal bisa metu seher e. Kiye angger tak terusna aku bisa ngamuk, wis mangan mangan! Mumpung murah trus aja kaget dang segane mluntrah. Aja sotoy kown aku anak buahe Um GalGil!!!” Si Udin mewanti wanti.
Dalban pun mlongo, kemudian ia mengaku sebenarnya juga wong Tegal.

No comments

Post a Comment